Minggu, 30 Januari 2011

Cemburu Boleh, Tapi Jangan Berlebihan

Penulis : Adinda Poetri


Dalam perjalanan kehidupan berumah tangga, pasti banyak problematika hidup yang dihadapi. Tiap orang pasti memiliki masalah atau ujian kehidupannya, begitu pula di antara pasangan suami istri. Jangan mengedepankan ego jika dihadapkan pada suatu masalah atau ujian kehidupan. Memang secara teori itu mudah, tapi pada praktiknya sangat susah realisasinya. Susah bukan berarti tidak bisa, bukan?

Ketika dihadapkan pada suatu masalah yang mana pasangan kita lebih memperhatikan orang lain, maka pastinya akan timbul reaksi dalam hati yang dinamakan cemburu. Cemburu merupakan anugerah yang Allah SWT berikan kepada kita. Tetapi kita harus dapat mengendalikan rasa cemburu tersebut. Cemburu boleh-boleh saja, karena itu tandanya sayang dan cinta kepada pasangannya. Tapi jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

"Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A’raf [7] : 31).

Cemburu yang berlebihan akan berdampak buruk terhadap kehidupan berumah tangga . Misalnya, akan timbul prasangka buruk terhadap pasangan, mudah marah, ujung-ujungnya akan mengalami krisis kepercayaan terhadap pasangannya yang berakibat perceraian.

Maka dari itu, belajarlah untuk bisa mengendalikan rasa cemburu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari akibat rasa cemburu yang berlebihan tersebut, karena rasa penyesalan akan selalu datang belakangan.

sumber : http://kotasantri.com/pelangi/percik/2010/12/21/cemburu-boleh-tapi-jangan-berlebihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar